Sabtu, 28 April 2012

TES WAWANCARA AMG

Untuk sebagian orang, tes wawancara pada saat ikut seleksi memasuki jenjang pendidikan lebih tinggi ataupun memasuki dunia kerja sedikit menjadi momok yang cukup menakutkan. Terlebih saat wawancara pengalaman pertama, sudah menjadi hal sewajarnya berbagai macam perasaan meliputi dalam benak dan pikiran kita.

Kali ini saya sedikit berbagi informasi khusus untuk adik-adik yang akan mempersiapkan diri untuk ikut tes wawancara Akademi Meteorologi Dan Geofisika (AMG). Dari pengalaman pribadi dan pengalaman teman-teman saya yang ikut tes wawancara AMG, pertanyaan yang diajukan sangat bervariasi. Namun, dari sekian banyak pertanyaan yang diajukan panitia kepada peserta tes, berikut ini dapat saya rangkum pertanyaan-pertanyaan yang biasa ditanyakan :

- "Dari mana Saudara mengetahui informasi AMG?"
- "Mengapa Saudara tertarik ikut tes AMG?"
- "Jurusan apa yang Saudara ambil, dan tahukah Saudara apa yang dipelajari pada jurusan yang Saudara pilih?"
- "Apa yang Saudara ketahui tentang gempa bumi, tsunami, cuaca, iklim?"
"Seandainya Saudara diterima di AMG, apakah saudara siap ditempatkan dimana saja di seluruh wilayah  NKRI saat selesai kuliah?"

Disamping pertanyaan-pertanyaan umum seperti di atas, saat tes wawancara AMG ada beberapa keahlian lain yang biasa ditanyakan oleh panitia, di antaranya :

- Memperkenalkan diri secara singkat menggunakan bahasa inggris
- Mengutarakan opini mengenai isu terhangat di Indonesia menggunakan bahasa inggris
- Mempraktekan gerakan-gerakan dasar/ditempat aturan baris-berbaris
- Menuliskan rumus-rumus dasar Matematika dan Fisika.

Oke, mungkin sedikit informasi ini cukup membantu adik-adik. Inti dari tes wawancara adalah panitia ingin mengetahui kemampuan komunikasi, opini dan seberapa besar komitmen kita untuk bergabung bersama AMG. Bagi teman-teman yang mau berbagi informasi mengenai tips wawancara atau pengalaman, silahkan tulis di kotak komentar di bawah tulisan ini.

========SELAMAT BERJUANG, SEMOGA SUKSES======

Comments
0 Comments