Senin, 23 Mei 2011

APA ITU PETIR?


Petir adalah fenomena alam hasil proses pelepasan muatan listrik suatu tempat lain di atmosfir, yang dapat terjadi dengan arus yang sangat tinggi, bersifat transient (singkat) dan panjangnya diukur dalam kilometer. Peristiwa pelepasan muatan ini akan terjadi karena terbentuknya konsentrasi muatan-muatan positif dan negatif dalam awan ataupun perbedaan muatan awan dengan permukaan bumi.
Petir terjadi karena ada perbedaan potensial antara awan dan bumi. Proses terjadinya muatan pada awan karena dia bergerak terus-menerus secara teratur, dan selama pergerakannya dia akan berinteraksi dengan awan lainnya sehngga muatan negatif akan berkumpul pada salah satu sisi (atas atau bawah), sedangkan muatan positif berkumpul pada sisi sebaliknya. Jika perbedaan potensial antara awan dan bumi cukup besar, maka akan terjadi pembuangan muatan negatif (elektron) dari awan ke bumi atau sebaliknya untuk mencapai kesetimbangan. Pada proses pembuangan muatan ini, media yang dilalui elektron adalah udara. Pada saat elektron mampu menembus ambang batas isolasi udara inilah terjadi ledakan suara. Petir lebih sering terjadi pada musim hujan dan daerah yang berada antara pegunungan dan lautan karena pada keadaan tersebut udara mengandung kadar air yang lebih tinggi sehingga daya isolasinya turun dan arus lebih mudah mengalir. Karena ada awan bermuatan negatif dan bermuatan positif, maka petir juga bisa terjadi antar awan yang berbeda muatan.
Tipe petir, yaitu :

1. IC (Intercloud/Intracloud Strokes)
Sambaran petir yang terjadi antar awan (Inter-Cloud) atau di dalam awan (Inter-Cloud)
Dua jenis petir IC, yaitu :
- Intra-Cloud Lightning : petir yang menyambar di dalam thunderstorm
- Inter-Cloud : sambaran petir yang menjadi jembatan di antara dua thunderstorm yang terpisah. Jenis petir ini sangat berbahaya bagi penerbangan karena sambaran petir ini menjalar melalui udara di antara dua thunderstorm.
Sambaran positif (+IC) dan negatif (-IC) terjadi antar awan. Sambarannya biasanya terlihat sebagai sebuah luasan cahaya di langit. Sambaran petir IC yang meninggalkan awan tetapi tidak mencapai tanah disebut sebagai air discharged.
2. CG (Cloud to Groud Strokes)
Sambaran petir yang terjadi dari awan ke permukaan bumi.
Petir yang paling merusak dan berbahaya dari semua jenis petir CG adalah petir yang didominasi petir -CG (CG negatif).
Deteksi dan analisa petir secara real-time menggunakan software Lightning/2000 yang dirangkai dengan Boltek Lightning Detection System. StormTracker ini dapat mendeteksi strokes petir secara optimal sekitar 300 mil (akan tetapi, dapat merekam sampai dengan 1000 mil untuk sebuah storm yang besar). Pendeteksian kemudian akan diplot ke sistem secara otomatis dan real-time, dimana semakin banyak strokes maka semakin maksimal penentuan posisi dari sistem. Deteksi memberikan informasi arah dan jarak badai petir.
 

Comments
0 Comments